Cara Merawat Cymbal

Merawat serta membersihkan cymbal mungkin bagi sebagian drummer masih merupakan hal yang ‘mistery’.Bahkan ada beberapa drummer yang mencoba membersihkannya dengan Braso, tetapi itu sebenarnya salah! Karena braso bukanlah untuk membersihkan perunggu (bahan dasar cymbal) tapi untuk kuningan, cymbal yang dibersihkan dengan braso akan rusak penampilannya menjadi hitam dan coklat.


Berikut Beberapa Tahapan cara membersihkan cymbal :
Gunakan cleaning cream sepanjang 1 cm untuk membersihkan 1/2 bagian cymbal splash 10″. (untuk ride 20″, 1 cm untuk membersihkan 1/5 bagian).
Kemudian gosok 1/2 bagian cymbal dengan tissue atau kain yang lembut hingga berwarna hitam serta merata, dan lakukan juga pada 1/2 bagian lainnya hingga semua permukaan cymbal rata menjadi hitam. Tetapi jangan sampai panik jika melihat cymbal ‘kesayangan’ loe menjadi hitam semua.

Setelah menjadi hitam merata, loe bisa menge-tes ‘kemampuan cymbal cleaner loe itu. Gosok saja pada satu spot dengan kain/tissue yang bersih, maka warna cymbal yang cemerlang sudah mulai terlihat. Tapi loe tidak bisa menghilangkan semua noda hitam yang ada di cymbal hanya dengan kain/tissue. Karena untuk membersihkannya secara tuntas, loe harus gunakan shampo dengan sedikit air (sebagian besar shampo bisa kok), tapi jangan samphoo Nature.

Ratakan shampo yang telah diberi sedikit air di atas cymbal dengan tangan sambil agak ditekan sedikit sehingga warna hitamnya terangkat. Jika sudah merata, bilas cymbal itu dengan air dan keringkan dengan kain yang bersih. Jangan sampai ada air yang tersisa karena air akan merusak cymbal loe jika dibiarkan lama. Setelah cymbal kering diberikan soft-oil, seperti baby oil untuk menahan karat pada cymbal.

Setelah itu jangan lupa menyimpan cymbal yang sudah loe bersihkan kedalam softcase-nya untuk menghindari dari debu, kotoran dan kerusakan lainnya.

0 Response to " "

Posting Komentar